Inikah Jawaban Duluan Mana Ayam atau Telur?

Salah satu tebak-tebakan tertua didunia 'mana yang lebih dahulu, ayam, atau telur? ' sampai sekarang ini masih tetap sajasering diperbincangkan. Jawabannya juga masih tetap sering diperdebatkan.

Lewat computer super, tim dari Kampus Sheffield serta Warwick, Inggris temukan jawabannya. Apakah itu? Ayam.

Pada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menuturkan bagaimanakah mereka sukses memecahkan teka-teki itu.

 " Apa yang kami dapatkan yaitu 'kecelakaan' yang mengasyikkan. Awalannya, maksud riset kami yaitu temukan bagaimanakah binatang bikin cangkang telur. "

Menurut dia, sampai kini, orang-orang sudah berasumsi sepele ayam. Kami tak mengerti sistem mengagumkan yang ditunjukan beberapa ayam dalam sistem pembuatan telur.

 " Sadarkah Anda, saat memecahkan kulit telur rebus pada pagi hari, Anda tengah melihat salah satu material mengagumkan didunia. "

Cangkang telur mempunyai kemampuan sangatlah mengagumkan, walau beratnya sangatlah enteng. Manusia tidak dapat bikin benda seperti itu, bahkan juga yang mendekatinya.

 " Masalahnya, kita tidak tahu bagaimanakah ayam bikin cangkangnya. "

Tim peneliti lantas memakai computer super punya Dewan Penelitian Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Computer itu diberi nama HECToR (High End Computing Terascale Resource).

 " Kami mau menelusuri bagaimanakah telur terbentuk, dengan lihat sistem detil telur dengan cara mikroskopis. "

Yang pertama di cari yaitu, tahu 'resep' yang dipakai ayam untuk bikin cangkang telur.

 " Dengan pertolongan computer mutakhir, Kami memecahkan permasalahan ini sepanjang berminggu-minggu. Sesaat, ayam dapat membuat cangkang itu cuma dalam semalam. "

Lucunya, penentuan cangkang telur ayam juga sebagai konsentrasi riset betul-betul tidak disengaja. Beberapa peneliti pilih telur ayam lantaran proteinnya simpel untuk ditelaah.

Tetapi akhirnya nyatanya sangatlah mengagetkan. " Kami memecahkan teka-teki selama hidup. Ini mempesona. "

Akhirnya, diketemukan protein spesial yang ada di badan ayam. Protein itu yaitu adalah 'tukang bangunan' tanpa ada capek, membuat bagian-bagian cangkang mikroskopis membuat cangkang telur.

Protein itu menginisiasi sistem pembentukan cangkang saat sebelum membuat sisi telur yang lain.

Tanpa ada protein pembangun itu, telur tidak mungkin saja terbentuk. Serta, protein itu cuma diketemukan di rahim ayam. " Itu berati ayam ada duluan saat sebelum telur. "

Namun, dari tempat mana ayam berasal?

Sebagian teori menyampaikan, nenek moyang ayam membuat telur zaman Dinosaurus.

 " Penemuan kami sangatlah mungkin. Karena, cangkang telur dibuat dari banyak kristal kecil. Kita dapat memakai info ini untuk tahu cara bikin serta menghancurkan susunan kristal yang lain. "

Juga sebagai misal, untuk menghilangkan kerak di ceret ataupun pipa. Riset ini dapat berimplikasi medis.

 " Lantaran badan kita memakai cara yang sama untuk bikin gigi serta tulang, kita dapat belajar semakin banyak perihal bagaimanakah bangun kembali tulang manusia. "

Masih tetap penasaran manakah yang lebih dahulu, ayam atau telur?
Share on Google Plus

About Unknown

Redaksi Post merupakan Media Online Indonesia yang mengangkat berita-berita terhangat setiap harinya yang dikemas secara lengpak dari sumber terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar