Mengulik Khasiat Tersembunyi Tanaman Wudani

Wudani adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini dapat ditemukan sampai ketinggian 600 m di atas permukaan air laut.  Wudani saat ini sudah tersebar diseluruh Nusantara, tumbuh liar dihutan, ladang, semak belukar, dan dijadikan sebagai tanaman obat karena memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.
Wudani memiliki rasa yang manis, hangat, beracun (toksik), dan berkhasiat sebagai obat cacing, melancarkan pencernaan, memperkuat limpa. Tanaman ini juga memiliki kandungan kimia pada buah matang berupa potassium quisqualata, sebagian besar lemak jenuh trigonelline dan puridine. Pada kulit buah dan daun memiliki kandungan zat berupa potassium quisqualata, dan pada bunga memiliki kandungan zat berupa cyaniding monoglycoside. Sedangkan pada daun dan tangkai memiliki kandungan zat berupa tannin, saponin, sulfur, calcium oksalat, lemak, peroksidase, protein.
Berikut adalah beberapa khasiat dari tanaman Wudani yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit, yaitu :

Mengobati sakit kepala

Cara penggunaannya dengan menyiapkan daun Wudani yang dihaluskan lalu dipakai sebagai tapal pada pelipis.
Mengobati penyakit kulit akibat parasit dan jamur

Cara penggunaannya dengan menyiapkan buah Wudani secukupnya, lalu dicuci bersih dan dihaluskan, kemudian tambahkan minyak kelapa dan dibalurkan pada bagian yang sakit.
Mengobati penyakit cacing kremi (oxyuriasi)

Cara penggunaannya dengan menyiapkan biji Wudani yang disangrai hingga matang, kemudian dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Komposisi untuk anak kecil 3-15 biji sehari, dewasa 15-30 biji sehari, dibagi untuk tiga kali makan, lakukan secara teratur. Atau siapkan 10 gram biji Wudani, 10 gram biji Pinang yang dicuci bersih dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
Mengobati penyakit cacing gelang (ascariasis)

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3-5 biji Wudani, yang dicuci bersih dan ditumbuk lalu dimakan. Atau siapkan 2 jari akar Wudani dicuci bersih, gula jawa secukupnya, kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum pagi hari sebelum makan.
Mengobati penyakit cacing tambang (ankylostomiasis)

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 30 biji Wudani yang dicuci bersih lalu digiling halus, seduh dengan 100 cc air panas, tambahkan satu sendok makan madu, diminum hangat-hangat malam hari sebelum tidur.
Berat badan berkurang pada anak-anak (infantile malnutrition)

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 6 gram tumbuhan Wudani yang dicuci bersih dan direbus dengan 300 cc hingga tersisa 100 cc, lalu disaring dan diminum airnya

Share on Google Plus

About Unknown

Redaksi Post merupakan Media Online Indonesia yang mengangkat berita-berita terhangat setiap harinya yang dikemas secara lengpak dari sumber terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar