Mengenal Sosok dan Khasiat Jitu Tanaman Kaca Piring

Tanaman Bunga Kaca Piring atau Gardenia Augusta, Merr yaitu salah satu type tanaman yang banyak ditanam oleh orang-orang juga sebagai tanaman hias atau pagar. Bunga kaca piring ini mempunyai waroma yang harum, cabang, ranting serta daun yang lebat.
Tanaman ini berjenis semak berusia tahunan serta gampang tumbuh di sembarang tempat, baik daerah dingin ataupun panas. Tetapi, tanaman ini lebih pas di daerah pegunungan atau tempat yang tingginya kian lebih 400 mtr. di atas permukaan air laut. Bunganya memiliki ukuran sekitar 1-2 mtr..
Kaca Piring mempunyai bunga yang indah sangatlah serupa dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar serta bersusun membuat satu kesatuan yang anggun. Daunnya berupa oval, tidak tipis, licin serta mengkilap pada permukaan telapak serta sisi atasnya. lantaran keharuman bunganya, Kaca Piring memiliki nilai komersial untuk di buat wangi-wangian atau minyak wangi. Tengah pengembangbiakan tanaman ini bisa dikerjakan lewat cara stek.
Tidak cuma cantik serta harum, Kaca Piring juga bermanfaat juga sebagai berbagai penyakit, lho! Tanaman ini memiliki karakter yang mendinginkan serta terasa pahit, biasanya memiliki kesibukan pada jantung, liver, paru serta pencernaan. Karenanya orang-orang di Indonesia memakai tanaman ini dalam ramuan untuk mengatasi beragam penyakit. Di samping itu bunga Kaca Piring yang harum memiliki nilai komersial untuk di buat wangi-wangian.
Kaca Piring, terlebih di bagian buahnya memiliki kandungan senyawa aktif satu glikosida iridoid yang dimaksud geniposida. Pada buah ini dapat diketemukan senyawa genipin yang disebut aglikon dari geniposida. Terkecuali tiu pada tanaman Kaca Piring juga diketemukan senyawa yang lain seperti imperatorin, isoimperatorin, crocetin, 5-hidroksi-7, 3’, 4’, 5’-tetrainetoksiflavon, 2-mentil-3, 5-dihidroksikromon, crocin serta crocin-3.
Buah, bunga serta daun Kaca Piring relatif aman untuk dipakai juga sebagai obat. Cuma saja mesti waspada konsumsi atau mengunakan buah Kaca Piring ini, lantaran bisa mengakibatkan diare. Biasanya buah Kaca Piring dipakai dengan dosis 3 – 12 gr /hari.
Adapun cara tepat bikin ramuan atau resep herbal dari Kaca Piring di jabarkan JITUNEWS seperti berikut :
1. Untuk Menyembuhkan Diabetes Mellitus
Bahan : 12 lembar daun Kaca Piring
Cara bikin : Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas
Cara memakai : Minum sekalian serta ulangilah secar teratur seriap satu hari sekali.
2. Untuk Menyembuhkan Sariawan/Radang
Bahan : 7 lembar daun Kaca Piring, 2 sendok makan madu serta 1 potong gula aren.
Cara bikin : Daun Kaca Piring diremas-remas serta ditambah dengan 1 cangkir air serta disaring. lalu digabung dengan madu serta gula aren itu serta diaduk hingga rata.
Cara memakai : Minum serta ulangilah tiap-tiap 2 x satu hari.
3. Untuk Menyembuhkan Demam
Bahan : 7 lembar daun Kaca Piring serta 1 potong gula batu.
Cara bikin : Daun Kaca Piring diremas-remas denga 1 gelas air serta disaring, campur dengan gula batu serta diaduk hingga rata.
Cara memakai : diminum satu hari sekali
4. Untuk Menyembuhkan Sulit Buang Air Besar
Bahan : 3 biji buah Kaca Piring.
Cara bikin : Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas.
Cara memakai : diminum sekali sehari
Nah, semoga sajian tentang manfaat Bunga Kaca Piring yang JITUNEWS berikanlah ini berguna yah!
Share on Google Plus

About Unknown

Redaksi Post merupakan Media Online Indonesia yang mengangkat berita-berita terhangat setiap harinya yang dikemas secara lengpak dari sumber terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar